Senin, 02 Juli 2012

Wisata Di Surabaya

Di TL twitter tiba tiba muncul tweet gini "Berhayal duduk di samping mu di bus kota, enjoy the trip, feel what we are feeling #julywish #busDAMRI"

oke aku kenal sama kakak ini, nggak berapa lama aku bbm an sama dia. dia cerita tentang rencana nya buat trip w/ bus damri. trip kelling surabaya. dia juga bilang, "emang ini norak ya dek ? kampungan ? bukanya lebih spesial ya ?"
yaampun kakak, mungkin jarang banget orang yang nge hayal gini. tapi yang sama dari aku sama mbak ini, sama sama suka ngehayal hal yang mungkin dianggap aneh sama orang lain.

Menurutku rencana nya bagus banget. dia nyoba buat keluar dari rutinitas jalan jalan nya yang biasa. nyoba sesuatu baru. kayak "berpetualang" di surabaya. dari petualangan nya itu dia bisa jauh lebih ngerti gimana sih keadaan kotanya ini. dan trip kayak gini jauh lebih spesial kan daripada cuma nge mall ? dan belum tentu juga warga surabaya, pernah atau minat ngunjungin tempat tempat wisata yang ada disini

aku salut sama mbak satu ini. mungkin kalau banyak orang yang punya pikiran kayak gini, yang mau nyoba transportasi umum. mau keliling tempat wisata surabaya, pasti minat wisata surabaya jadi makin tinggi. dan pemerintah tertantang buat semakin memperbaiki fasilitas umum.
lagipula kalau kita hanya nge judge pemerintah, "fasilitas kurang memadai". tapi sendirinya nggak menghargai, sama aja omong doang



duuh, aku jadi pengen pengen ikut

kira kira untuk trip, aku bakal pilih tempat tempat ini buat dikunjungin. sebenernya masih banyak, tapi dalam trip sehari gak bakal cukup kan ?

Kendaraan umum yang dipakai- Bus Damri dan Kereta Komuter




Kebun Binatang Surabaya (KBS) sebagai orang surabaya, aku belum pernah ke KBS. kebangetan ya. biasanya aku lebih pilih Taman Safari Prigen. karena kenyamanan. dan sekarang banyak hewan mati di KBS karena nggak terawat. kasian ya. kalau bukan warga surabaya sendriri yang peduli, terus siapa lagi ?



Monkasel : Aku kesini terakhir kali pas TK! karena ada trip. monkasel ini sebelahnya delta plaza. pasti lebih milih delta ya ? lebih adem. tapi ke monkasel sebenernya asik lo, kita bisa tau gimana cara kerja kapal selam. dan disana ada mini teater yang muterin film dokumentar tentang monkasel ini



House of Sampoerna : ini museum sampoerna. disini ngejelasin tentang perusahaan ini dari nol sampai jadi seperti sekarang. museum ini terdiri dari dua lantai kalau nggak salah. ruanganya di desain dengan bagus, nggak terkesan tua, malah modern. lantai 2 ada souvenir shop yang ngejual barang lucu lucu. di areal museum ada cafe & resto untuk lunch. aku denger denger sampoerna menyediakan bis khusus buat trip kesana


Tugu Pahlawan : orang surabaya belum pernah kesana ? wah sayang banget. disana kita bisa nemuin penjelasan tentang sejarah kota ini. museum nya sangat menarik, dan bikin aku merinding kalau terkunci di dalam pas malem malem. apa patung nya juga gerak gerak ?#tuhkan jadi ngayal. dan disini banyak objek foto menarik. ada juga ruangan untuk muterin film dokumentar pas sebelum proklamasi. aku mikir siapa ya yang berani nge shooting ini pas jepang marah marah pengen nge bunuh orang ?



Monjaya : monumen jalesveva jayamahe monumen ini ada di daerah perak sana. waktu masih kecil, tiap sabtu aku ikut papi yang AL kerja. setiap pulang, aku selalu minta mampir disini. biasanya setelah itu ke Jumbo Resto. aku sering merinding kalau ngeliat. apa nggak takut ya malem malem sendirian berdiri di tengah laut. tapi aku selalu kagum pas ngeliat monumen ini



Ampel : di ampel ini banyak orang arab. ada masjid dan makam sunan ampel. disini banyak nge jual makanan khas arab, dan peralatanya. kalau mau cari jasa henna lukis, disini tempatnya. wah apalagi kalau puasaan ya tambah rame



Masjid Cheng Ho : selain untuk ibadah, kita bisa mengenal sejarah dan arsitektur nya yang unik



Museum Kesehatan DR. Adyatma surabaya : seperti judulnya. museum ini ngebahas tentang kesehatan. objeknya lengkap. dan bagusnya lagi disana juga ngejelasin tentang bukti ilmu hitam. kayak santet, dll. aku kesini diajak papa ku, belajar kedokteran. pas kesana, museum ini sepi. malah gak ada pengunjungnya blas. seremnya, di toilet belakang pernah dijadiin tempat shooting uji nyali atau indigo gitu. katanya banyak "hantu anak kecil" karena dulu bekas pembuangan janin aborsi. papa ku juga ngerasain aura aneh pas lewat situ. aku diceritain sendiri lo sama penjaganya



segini dulu ya rencana trip nya, pengen cepet jalan jalan :D
dan yang pasti, aku bangga jadi warga subaya ;;)

4 komentar:

  1. Rencana yang agus mbak Aisyah...;-)
    just info di KBS itu binatang mati mungkin bukan krn gak dirawat lho ya, tapi banyakan yg mati krn di saluran pencernaannya ada plastik alias si binatang itu abis nelen plastik trus tersumbat ususnya..dan yg biasa iseng ngasih makan plastik tu ya pengunjungnya. Ini sy liat sendiri baru hari minggu kmren pas ngajak anakku kesana ada orang yg ngasih makan orang utan pake stereofoam bekas pop mie lengkap sama garpunya dan dimakanlah sama si orang utan sampe abis..

    BalasHapus
  2. yaampun, gimana bisa Surabaya berkembang ya mbak kalau masyarakat nggak mendukung seperti itu. jadi miris dengernya.

    btw, trims udah mampir kesini mbak :)

    BalasHapus
  3. siang mbak aisyah, saya chesa nih..
    lg di surabaya. pengen banget wisata sejarah, tp gak tau jalan soalnya aku di sini lg liburan di rumah tante...
    gimana ya caranya ngebolang di surabaya??

    BalasHapus
  4. enak dong lagi liburan :D
    banyak banget lo cara ngebolang.
    kalau mau ikut tour bisa kok keliling surabaya dan ada pemandunya, yang aku tau sih pakai bus dari House of Sampoerna. ngambil tiketnya disana juga dan gratis lo.
    satu hari ada 3 kali jadwal trip. paling pagi mulai jam 10 untuk senin-kamis. jam 9 untuk jum'at-minggu

    BalasHapus