Rabu, 06 Mei 2015

Cerita Tes Kedokteran Universitas Hang Tuah (UHT)

Awal nulis ini, gara gara pas mau tes bingung mau tanya tanya pengalaman siapa, cari di google juga nggak nemu, jadi deh semoga kalau ada yang mau tes di uht bisa terbantu yaa. Ohya Untuk yang mau tes FK UM Surabaya atau FK Muhammadiyah bisa baca cerita ku disini. Untuk yg mau tanya tanya seputar FK bisa chat line aku di @dii9534n semoga bermanfaat! sharing is caring


Sumber Gambar disini



Pertama kali tau UHT buka pendaftaran pas mau lewat ke keputih, terus ada deh spanduk nya dibuka gelombang pertama. langsung bikin note di kepala, harus cepet cepet daftar. tapiii berminggu minggu kemudian kelupaan lah dan baru inget menjelang akhir akhir hari penutupan. akhirnya berangkat lah aku ke uht, deket banget sama kampus aku di ITS tinggal nyebrang aja lewat medcen hehe. nah aku harus siapin berkas berkas seperti foto berwarna, fotocopy ijazah yang dilegalisir, form uang gedung (yang aku isi pas minimal seperti di brosur), dan uang pendaftaran. terus berkas tersebut dikumpulin ke lokasi pendaftaran, pas itu nggak penuh penuh amat jadi antri nya nggak lama. Setelah nama ku dipanggil, aku kasih berkas tersebut dan diambil sidik jari ku buat absensi waktu ujian.



Sehari sebelum ujian, kebetulan aku lagi sibuk sibuknya. praktikum numpuk dari pagi sampai malem, untungnya ada temen aku yang berbaik hati (anak fkg uht) ngasih info lokasi ruang ujian ku besok. sore nya waktu ada waktu istirahat sebentar, aku ditemenin ika ngeliat ruang ujian. ngeliat ruang ujian penting banget sih menurutku, soalnya aku anaknya telatan hehe jadi bisa dibayangin kan mau ujian udah telat gatau ruang nya pula. ruang ujian nya sendiri terbagi bagi di banyak gedung, dan aku baru tau kalau peserta tes kedokteran nya ada 800 lebih. Yang diterima waktu gelombang 1 aku kemarin fk 96, fkg 51.

setelah cek ruangan aku balik lagi ke ITS buat praktikum sampai malem, sekitar jam 10 deh baru kelar ngerjain laporan. terus temenku ika nginep rumah katanya mau bantuin aku belajar. tapi yang terjadi malah, kita berdua ketiduran sampai pagi! belum ganti baju juga. parah banget yaaa;)) daan seperti biasa aku siap siap cepet, karena sudah hampir telat, mana rumahku jauh pula dan kalau pagi macet. di mobil udah galau galau, gimana nih belum belajar. tapi yaudah yakin bisa deh apalagi di kampus kan banyak pengetahuan yang didapet. terus pas hampir sampai tempat ujian, aku degdegan lagi, karenaaa mules! duh sumpah nggak tepat waktu bangeet. pasti ini gara gara tadi habis makan udon semangkuk.

aku sampai di tempat ujian, masih kurang 30 menit lagi untuk masuk, dan sudah penuh anak jadi aku kedapetan berdiri di tangga, yang mana tambah mules. okedeh aku langsung cari cari toilet terdekat, kan nggak lucu pas ujian nggak konsen gara gara mules. apesnya toiletnya lagi dibersihin! hahaha tapi mungkin karena mbak mbak nya udah kasian liat muka ku, langsung disuruh masuk ke salah satu toilet. terus aku mah udah bodo lah pokoknya nggak pake jaim jaim daripada gagal ujian. setelah lega aku naik lagi ke ruang ujian, nggak beberapa lama pengawas nya dateng dan kita dipersilahkan masuk ruang ujian.

disitu aku cari bangku ku sesuai nomer peserta, yang mana aku duduknya paling depan sendiri dan hadap hadapan sama pengawas! haha. yah aku pikir, kalaupun dapet dibelakang sendiri juga ntar mau tanya siapa kalau nggak bisa, kan sama aja yaa. mulai ngerjain soal, standar sbmptn lah yaa terus aturan nya juga sama kalau benar +4, salah -1, kosong 0. dimulailah aku ngerjain soal kimia dulu, fisika, lanjut biologi, matematika, bahasa inggris. dan karena tingkat kepedean, akhirnya diisi semua haha kalau salah kan -1, tapi kalau bener kan lumayan +4. dan akhirnya selesai, ngumpulin ke pengawas dengan muka berseri seri, mungkin efek nggak mules lagi ya. apasih

Pengumuman tahap pertama ini jam 11 malem ya kira kira, tapi karena aku lagi liburan di malang dan susah dapet sinyal jadi deh nggak kebuka kebuka itu pengumuman. dan pas kebuka, Alhamdulillah lolos. jadi deh aku harus mempersiapkan diri untuk tes tahap 2 yaitu psikotes, wawancara, dan tes kesehatan.

untuk psikotes aku cuma googling aja tips tips untuk psikotes, untuk tes kesehatan aku nggak latian apa apa-yakaliii-, cuma download aja tes tes buta warna buat meyakinkan diri kalau emang nggak buta warna hehe, terus untuk wawancara aku cari info ke temen temen ku dan semua pada bilang kalau kita ntar dikasih kasus gitu dan haru aktif! catat. so, aku pelajari lah beberapa jurnal etika profesi dokter dan googling googling kasus kasus terkini.

karena salah satu tips tes psikotes adalah benar benar fresh saat mengerjakan, maka aku tidur cepat malam itu. pagi nya nggak sempat makan pagi yang mana kesalahan banget, belum cari spidol, pensil HB dll untuk keperluan psikotes, dan mampir minimarket dulu deh. Alhamdulillah nya kok nggak telat dan masih banyak waktunya. terus masih sempet sempetnya kenalan sama temen temen baru, dan bercandaan dulu. oh ya, hari itu aku melewatkan 3 mata kuliah yang isinya 3sks semua ;". apalagi mata kuliah biokimia yang asiiik bangeett dosen nya.

Psikotes dimulai, berjam jam lamanya dengan perut kelaperan. tesnya sendiri jadi satu fk fkg di hall besar. akhirnya selesai sekitar jam setengah 2 kalau nggak salah, pas waktu istirahat, aku sama riska makan cepet cepet di kantin, kebetulan juga lagi nggak sholat terus cepet langsung naik ke ruang wawancara. wawancara sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok, satu kelompok kira kira isinya 5-8 orang. setelah masuk ruang wawancara dan duduk melingkar, kita melakukan FGD (Focus Group Discussion), untung nya di ITS diwajibin untuk FGD jadi ya sudah terbiasa. setelah itu dikasih kasus kasus, awal awal banyakan awkward nya tapi aku sih berusaha se aktif mungkin dan menjelaskan se rasional mungkin, untungnya juga kasus kasus nya banyak dari jurnal yang aku baca, terus ngejawab nya aku usahakan se runtut mungkin dan mengacu ke pokok permasalahan, karena psikolog yang menilai sempat ngasih poin poin penilaian seperti itu. kelar urusan wawancara, kita tes kesehatan. tes nya seperti tes mata, buta warna, tekanan darah, berat tinggi badan, kesehatan gigi, pendengaran dll.

Kelar semuanya tinggal tunggu beberapa hari hasil ujian keluar, dan lumayan banyak juga sih yang nggak lolos. Alhamdulillah nya setelah tes tahap 2, aku lolos lagi dan diterima.

Semoga informasi nya bisa membantu yaa;))


43 komentar:

  1. Tes IPAnya susah gak ya? Kira2 seperti soal SMA atau lebih sulit lagi??
    Ada TPA nya gak?

    BalasHapus
  2. hai, soalnya standar seperti sbmptn dan ujian mandiri ;)

    BalasHapus
  3. hai kak, aku mau daftar fk uht juga nih thn 2016. kakak ini pas daftar tahun brp ya? tes wawancara nya ada negosiasi soal harga uang gedung gak ya? makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  4. hai waktu itu daftar tahun 2015 gelombang 1. kalau aku selama tes tulis hingga wawancara, nggak ada negosiasi uang gedung. kesediaan bayar uang gedung diisi di form pendaftaran awal. aku nggak tau lagi setelah penerimaan ada negosiasi lg atau nggak, soalnya aku nggak daftar ulang setelah diterima;)

    BalasHapus
  5. Halo kak, terima kasih atas postingan yang bermanfaat ini. kakak waktu menghadapi tes wawancara susah gak? contoh kasus-kasusnya seperti apa? mohon bantuannya kak. terima kasih

    BalasHapus
  6. kak, tes wawancara itu seperti apa yah? kasus-kasusnya bagaimana?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. halo mbak aisyah, kemarin waktu wawancara dapet kasus apaaa? makasii

    BalasHapus
  11. hi kak.. mau tanya nih..
    setiap pelajaran ada berapa soal ya? ada jarak waktunya dalam mengerjakan setiap soal atau langsung di gabung 5 pelajaran langsung? terima kasih...

    BalasHapus
  12. hi kak.. mau tanya nih..
    setiap pelajaran ada berapa soal ya? ada jarak waktunya dalam mengerjakan setiap soal atau langsung di gabung 5 pelajaran langsung? terima kasih...

    BalasHapus
  13. Kak soalnya susah gak sih? Kira kira tipe soalnya kayak gimana? Aku pengen daftar UHT juga soalnya. Materi yang diujikan apa aja pas tes tulisnya? Emang harus mantep ipanya atau gimana? Kasih ancer ancer dong please mau jadi next generation fk uht😁

    BalasHapus
  14. Kak mau nanya kira kira cara belajar yang gimana sih supaya bisa trmbus fk uht? Soalnya ada temenku katanya sih pola belajarnya biasa aja tapi tembus. Trus kira kira harus bisa ngerjain berapa soal bener biar bisa masuk?

    BalasHapus
  15. contoh - contoh tes wawancaranya gimana ya kak ? mhn sharing infonyaaaaaa :) thanks

    BalasHapus
  16. bobot soal tes nya kira2 seperti apa? untuk standar soal apakah sama persis seperti sbm atau setingkat diatas/dibawahnya kak? thankyou

    BalasHapus
  17. Kakak yang diskusi itu menggunakan bahasa inggris kah?

    BalasHapus
  18. Hai kak boleh minta web yang menyediakan kasus kasus psikotesnya engga makasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. kak dulu kakak tes psikotesnya jam berapa ya?

    BalasHapus
  20. Kak untuk lulusan s1 keperawatan apakah bisa melanjut ke Fk uht ? Mohon reply thanks :)

    BalasHapus
  21. Hai kak untuk lulusan s1 keperawatan apakah bisa melanjut FK uht ? Mohon reply kak thanks :)

    BalasHapus
  22. Kak,mau tanya nih aku tahun ini juga mau dftat fkg uht ..
    Tes kesamaptaanya itu kayak gimana ya??yang diteskan apa kah??

    BalasHapus
  23. Kak,mau tanya nih aku tahun ini juga mau dftat fkg uht ..
    Tes kesamaptaanya itu kayak gimana ya??yang diteskan apa kah??

    BalasHapus
  24. Hai kak tes kesamptaan fkg uht itu kyk gmna kak???

    BalasHapus
  25. Kak,mau tanya nih aku tahun ini juga mau dftat fkg uht ..
    Tes kesamaptaanya itu kayak gimana ya??yang diteskan apa kah??

    BalasHapus
  26. Maaf kak mau tanya. Tes matanya itu gimana(?) Apa ada batas minimal minus berapa biar bisa lolos tesnya?

    BalasHapus
  27. Hai kak. Mau tanya. Itu tes matanya gimana? Ada syarat minimal minus berapa biar lulus tes nya? Trims 😊

    BalasHapus
  28. @noviane hai thankyou sudah baca :) nggak kok, pas wawancara kita ngelakuin FGD(diskusi grup) dan bakal dipantau sama psikolog untuk menilai kita. coba buat lebih aktif saat diskusi dan percaya diri. materi nya waktu itu aku dapet tentang etika sebagai dokter;)

    BalasHapus
  29. @Adi Satria aku dapet kasus soal etika profesi dokter:) iya nggak daftar ulang, sekarang masih di ITS dan lanjut ke FK UM Surabaya. nanti aku post untuk yg mau tes FK UM Surabaya ya

    BalasHapus
  30. @Velinda Yunita Hai:) wah aku lupa kalau nggak salah 15 soal ya tiap pelajaran, template nya hampir seperti SBMPTN. untuk waktu semua digabung, dan waktu nya seperti ujian" lain ya, mepet jadi harus bisa ngerjain cepet

    BalasHapus
  31. @Adelia Dewantari banyak banyak belajar soal SBMPTN aja, materi nya seperti SBM. kalau butuh berapa soal dikerjain biar bisa tembus sih aku kurang tau ya, karena itu kan tergantung peserta lain jawab nya lebih banyak bener nya dibanding km apa nggak:) kalau mau aman sih kerjain sebanyak banyak nya soal, tapi yg km yakin bener, karena ada sistem minus. semangat :) pasti bisa

    BalasHapus
  32. @Anonim wah kasus yang diberikan ke tiap kelompok berbeda, yang penting tuh aktif saat diskusi, dan percaya diri:)

    BalasHapus
  33. @Anonim hai, untuk bobot soal sih template nya seperti SBM tp kalau tes" tuh soalnya unpredictable ya. diskusi nya pakai bahasa indonesia, untuk web kasus" aku nggak tau. coba" aja baca kasus" kedokteran yg lagi booming sekarang

    BalasHapus
  34. @Anonim untuk psikotes+wawancara+tes kesehatan kira" jam 8 pagi sampai 3 sore

    BalasHapus
  35. @Delia Chairunnisa halo, wah aku kurang tau ya, tapi setauku dari jurusan SMA IPA. tapi nggak tau lagi, siapa tau bisa, coba tanya ke bagian pendaftaran fk uht:)

    BalasHapus
  36. @Erlina hai sampai bener" lulus, tes yg aku jalanin hanya tes akademik, psikotes, wawancara dan tes kesehatan:)

    BalasHapus
  37. @Alifia Rahma hai kalau untuk mata minus kyk nya nggak masalah ya, karena aku sendiri juga minus 2,5. yang paling penting nggak buta warna (total & parsial)

    BalasHapus
  38. hai semua maaf balas komen nya lama banget, baru buka blog. setelah ini aku mau posting tes FK UM Surabaya, untuk yg mau tau bisa liat postingan terbaru:)

    BalasHapus
  39. Hai kak Aisyah..
    Numpang tanya, kalo jurusan farmasi tes nya tetap sama sprti sbmptn ya kak? soalnya saya mau masuk jurusan farmasi. Mohon jawabannya kak, terimakasih :)

    BalasHapus
  40. Hai kak Aisyah.. Maaf kak sebelumnya numpang tanya, kalo di jurusan farmasi tesnya sama sprti sbmptn juga ya kak? soalnya saya ingin masuk ke jurusan farmasi UHT . Mohon jawabannya ya kak, terimakasih.. :)

    BalasHapus
  41. @nyova ananta lindiyana : wah kalau farmasi aku kurang tau:) mungkin bisa langsung hub UHT untuk info lbh lanjut

    BalasHapus
  42. Kak, buat yang tes kesehatan gigi, apa giginya harus bagus dan nggak boleh berlubang? Terimakasih

    BalasHapus
  43. @ anonim : setau aku sih nggak ada ya syarat gigi harus bagus untuk masuk fkg :)

    BalasHapus