Senin, 28 Januari 2013

Cewek Topeng!



Pernah nggak sih nyoba dandan ? pernah lah ya, umur-umur segini pasti pengen nya nyobain macem macem, apalagi kalau bukan pengen lebih cantik, lebih putih, muka nya lebih halus dan lain sebagainya. banyak cara ditempuh, mulai dari yang alami, pakai kosmetik sampai yang perawatan.
Menururutku sih wajar wajar aja lah ya, asalkan tau situasi dan kondisi, yah pinter pinter nyesuain make up aja lah. Make up tipis lipgloss peach kalau ada pesta siang, pesta malem pakai lipgloss agak pink sedikit, ntar kalau mau nge mall cukup pakai bedak aja dan tambahin eye liner dan lipgloss secukupnya sudah keliatan fresh, kalau mau ada aktivitas di tempat terbuka siang hari ya cukup pakai sunblock. Nah apa jadinya kalau nggak bisa nyesuain ? kacau!
Lah gimana enggak, kalau Cuma ke sekolah aja pakai alas bedak, bedak tabur, bedak padat, eye liner, pensil alis, dan lipstick! Iya lipstick pink gonjreng.  Ini nih yang kejadian sama salah satu temen ku, sebut aja namanya bunga. Oke anaknya memang cantik, model pula. Tapi aku tau, dia jauh lebih cantik tanpa make up itu semua.
Tapi anehnya, setiap ditanya “bunga, kamu pakai lipstick ya ?”
“ah enggak ini asli kok”

Atau

“nga, kulit mu kok putih pisan ya. Alis mu juga tebel, bagus euy ”

“hehehe iya udah dari sana nya”

Intinya nggak pernah mau ngaku deh kalau itu semua efek kosmetik! Lah nenek-nenek nggak pake kacamata aja juga tau kali itu didandanin. Lah bedak berlapis lapis gituh, bibir merah gonjreng. Muka nya sumpah deh putih bener, tapi sayangnya beda warna sama tangan. Belang . kan gak lucu eh
Ada kejadian suatu hari temenku si Z pinjem buku di tas nya bunga, nggak sengaja ngejatuhin tepak ke lantai, isinya jatuh semua deh. Dan ternyata yang jatuh tuh alat-alat kosmetik nya si bunga. Sekelas langsung pada ilfeel deh. Katanya asli dari mana ye
Disaat kita semua tour, outbound, olahraga, yang lain udah pada keringetan, muka kucel semua, minyakan, dia yang paling rapi dan wangi sendiri, muka nya juga sama sekali nggak keringetan. Duh hebat ya, keturunan jaka tarub kali. Yaiyalah orang daritadi dia Cuma berdiri di pojokan sambil payungan.
Sampe ada yang nyeletuk gini “kalau bunga sholat disekolah gimana ya ? bayangin deh ntar kan bedak nya luntur pas wudhu”
Dan dijawab “tayammum kali!”
Itu tadi bunga yang dengan segala konsekuensi nya (efek bahan kimia kosmetik, keribetan) memilih untuk jadi cantik dengan cara pilihan nya.
Ada lagi, sebut aja Mawar. Temenku juga, nah mawar ini pengen banget punya kulit putih. Padahal mukanya gak item lo, ya biasa aja. Tapi si mawar ini kurang pede. nah dipilihlah cara jadi cantik melalui klinik kecantikan. Perawatan rutin dia jalani, pakai krim muka yang jumlah nya banyaak itu dia lakuin. Dan hasilnya ? bener bener putih! Hanya dengan waktu sebulanan. Si mawar makin terobsesi, ternyata usaha nya membuahkan hasil. Tapi makin lama, kulit mawar jadi aneh. Jadi tipis, nggak sehat, putih berlebihan (putih kayak tembok), dan pucat. Apalagi kulit wajah jauuuh beda sama kulit badan. Semua nya terheran heran dengan perubahan kulit wajah mawar yang drastis.

Mawar dan bunga sering banget jadi bahan bicaraan anak anak di sekolah. menurutku ya itu hak mereka berdua lah ya, muka muka mereka kok. Mereka Cuma nggak pede dan jadi korban ketidakpedean itu sendiri. Tapi sebagai teman yang baik, berusaha ngingetin lah mana keputusan yang dirasa benar dan mana keputusan yang paling tepat
Ah aku sendiri kalau ke sekolah. nggak pakai bedak, nggak pakai cleansing gel, nggak pakai apa apa, pas agak siangan dikit jilbab sudah berantakan. Yah, se nyaman nya aja. Ini pilihan kok. Terserah mau pilih yang mana, setiap keputusan ada resiko dan keuntungan masing-masing.
Piihan setiap orang harus dihormati, so jangan gampang nge judge sesuatu dari luar J
Jadi inget omongan temen smp ku, Sinta. “nggak perlu perawatn aneh-aneh cha, aku yakin air wudhu bisa ngebuat muka kita lebih cerah dan bersinar”

0 komentar:

Posting Komentar