Selasa, 22 Oktober 2013

Cara ku!





Tadi barusan dapet hasil tes tentang sesuatu yang bikin seneng banget, rasanya gimana gitu. mungkin buat orang lain biasa aja ya, tapi buat aku bener bener motivasi. langsung deh aku foto, terus jadiin wallpaper biar keinget terus tambah semangat belajar ; )

nah di situ juga disebutin gimana cara belajar yang cocok buat aku, yaitu sambil ngedengerin musik,tangan gerak gerak, dan mata baca buku. tuh kaaaaaan! pas banget.
selama ini, aku kalau belajar ya sambil ngedengerin musik. apalagi kalau mau ujian, baca buku pakai headset, lagu maroon 5, volume full. dan rasanya bener bener bisa masuk ke otak.
klo cuma ngebaca, suasana sepi, ac nyala, bawaanya pengen tidur aja.

sebenernya belajar sambil ngedengerin musik itu nggak sengaja lo, bukan karena aku awalnya tau klo tipe kinestetik. tapi gara-gara baca buku psikologi, tentang otak manusia. singkatnya, otak kita terbagi menjadi dua belahan. yaitu kiri dan kanan. otak kanan berhubungan dengan seni, imajinasi dan semacamnya. otak kiri berhubungan dengan hitung hitungan dan sebagainya.
nah pada saat memakai otak kita untuk belajar, kadang kita nggak fokus. baru baca se halaman, eh kok kepikiran mau ini ya. baca lagi, eh kok kepikiran itu ya. nah itu karena otak kanan kita mengganggu otak kiri.
nah makanya, kita harus ngasih aktivitas untuk otak kanan. supaya nggak mengganggu dan otak kiri yang berusaha fokus. aktivitas apa aja sih ? kayak ngedengerin musik, membaca tulisan berwarna, melihat penjelasan dilengkapi gambar dan macam macam. tapi yang disaranin sih musik  klasik yang seirama dengan detak jantung yaa.



jadi ceritanya, sejak aku tau itu, mulai deh belajar pakai musik. awalnya muter lagu klasik dari canon, kenny g. tapi lama lama jadi ke one more night, payphone, 22 =))

mungkin banyak yang ngerasa aneh sama cara belajar yang kayak gitu, atau dianggep juga sok sok-an. ada lo beberapa yang nyindir "kamu klo belajar kok nggak pernah serius sih cha ?" atau "kamu kok ngentengin banget sih ?"
awalnya aku mikir, apa iya ya aku gitu banget ? tapi sejak ada hasil tes ini, aku jadi yakin kok. ini cara ku. ya apapun itu, kan tiap individu punya cara nya masing masing ya.

yang penting sih, all roads lead to Rome :)

0 komentar:

Posting Komentar