Sabtu, 23 Desember 2017

Medical Training di Taiwan 6 Last Part (Taoyuan, bye Taiwan and Hello Singapore!)

Setelah perjalanan sekitar 2 jam di bus, sampailah kami di Taouyuan Airport. Bandara ini letaknya di sebelah kota Taipei, tapi banyak yang mengira kalau letaknya benar-benar di Taipei. Sama seperti Bandara Juanda Surabaya yang letaknya di daerah perbatasan Sidoarjo. Turun dari bus dan langsung menuju counter untuk check in, kali ini kami pakai Scoot Airlines, sayangnya waktu check in belum dibuka, masih sekitar 4 jam lagi, lumayan lama memang. Dari counter check in diputuskan untuk ke area food court di lantai bawah, karena sebelumnya nggak sempat breakfast di hotel tadi. Agak menyesal kenapa harus keburu-buru dan pesan bus yang paling pagi, tapi daripada terlambat yakan ?. sampai di area foodcourt, aku agak kebingungan mau makan apa, karena halal food restaurant di pojok sana masih belum buka, jadi nya pilih fast food aja, Burger King here we go!. Aku order lumayan banyak karena bakal lama disini, burger, beberapa paket nugget dan French fries. Sambil makan, aku telponan sama mama (udah kangen rumah banget!). lagi-lagi sempat menyesal kenapa nggak pilih direct flight ke Surabaya, malah ke Singapore dulu. Harus bersyukur 😊 . ohya kebetulan, aku lihat snapgram nya mbak Fanny (Staff ppmb Muhammadiyah, universitasku) baru berangkat ke Singapore juga, aku chat lah siapa tau bisa jalan bareng disana. Dan mbak Fanny malah nawarin aku dan Salsa nginep hotel nya, baik bangeet! Tapi aku dan Salsa ada agenda belanja jadi lebih memilih stay semalaman di Changi. Thankyou mbak Fan 😊
Kita dapet chat dari Mas Yoga, ternyata dia ada di Taoyuan juga, langsung deh kita susulin ke counter check in nya Cathay Pacific. Too bad ternyata dia ketinggalan pesawat, dan reschedule ulang flight nya untuk beberapa hari kemudian. Aneh nya malah seneng, karena ada alasan untuk lanjut liburan hahaha.

Di airport kita juga sempat dimintain isi survey oleh ibu-ibu Taiwan, setelah nya dikasih gift kecil gitu, tapi karena parno ya aku tinggal aja gift nya. Banyak kan cerita-cerita serem soal penjebakan, dikasih sesuatu, ternyata isi nya narkoba nanti jadi sasaran ditangkep, please beware guys!.
Setelah berjam-jam keliling nggak jelas di airport, kita check in deh, Itu sekitar jam 1 an siang. Aku sudah was-was karena belanjaan ku di Taiwan bener-bener banyak jadi nambah 1 luggage besar, dan kira-kira kelebihan 15kg, Salsa juga kelebihan sekitar 10kg bisa dibayangin nggak tuh berapa duit yang harus dibayar. Kalau dari website nya sih sekitar setengah jutaan per passenger. Aku berdoa biar free karena Taiwan Dollar ku udah tinggal 200ribu doang, dan Alhamdulillah staff di counter check in bilang “I give it free for you!” begitu pun juga Salsa, padahal orang-orang sebelum kita kena charge lho.
Setelah check in kita naik ke atas untuk boarding, dan nggak lupa mampir ke duty free shop untuk cuci mata hehe. Setelah itu sholat dulu, karena nggak ada pray room jadi kita numpang sholat di Nursing room. setelah dari sana, kita siap untuk boarding tapi sebelumnya masuk ke antrian pemeriksaan untuk tas jinjing. Sayangnya belanjaan skincare salsa kena cegat petugas karena itu termasuk liquid/cairan, jadi harus masuk bagasi gak bisa masuk cabin. Akhirnya kita turun lagi dan balik ke counter check in, udah was-was kalau kali ini bayar bagasi nya, dan sengaja pilih antrian di mbak-mbak tadi, sayangnya dapat staff beda. Tapi Alhamdulillah di gratisin!:)
Balik ke atas dan boarding nya lancar, tapi ada delay sekitar sejam an. Setelah masuk pesawat, ternyata beda banget ya sama pas berangkat pakai Malindo Air, ini kan lumayan lama penerbangan nya sekitar 5 jam an, jadi kenyamanan tetep nomer satu. Kalau Malindo tuh harga low cost airliner, tapi pelayanan nya full services bener-bener baguus dan lengkap fasilitas nya. Sedangkan scoot emang bener-bener low cost airlines, jadi terima sajalaah haha. Meski leg room nya sempit, dan nggak ada entertainment nya.
Aku duduk di tengah, di window Salsa dan dia udah anteng pesen mie semangkuk sama milo (aku nggak bisa makan di pesawat), di bagian aisle ada cowok yg asik main hp padahal udah di ingetin untuk nge flight mode hp karena udah mau take off, bikin aku makin sebel, hey dude come on!. Take off dan landing adalah dua waktu yang berbahaya untuk sebuah pesawat, makanya sampai disebut critical eleven.
Karena bakal ngabisin 5 jam di penerbangan ini tanpa entertainment dan aku sendiri parno an, jadi aku ngajak salsa untuk ngobrol (dan biar dia nggak ngantuk haha). Tapi sejam kemudian dia udah tidur, aku Cuma baca-baca inflight magazine dan berharap cepet sampai. Dan beberapa waktu yang lamaaaa kemudian, pesawat siap-siap landing, pilot announcement ini yang paling bikin aku seneng. Klo announcement nya soal cuaca buruk sih udah keringetan aja tangan ku :”). Perlahan-lahan pesawat makin turun, dan ini saat yang paling aku suka, saat roda pesawat nempel di landasan pacu. Meskipun dengan kecepatan tinggi, tapi rasa nya Alhamdulillah lega sangat.
Turun dari pesawat, nggak perlu ambil bagasi karena kita ada connecting flight besok pagi, jadi langsung ke imigrasi. Ohya sebelum sampai di Changi airport aku sudah browsing-browsing apa yang bisa dilakukan semalaman disini. Karena biasanya ke Singapore nggak pernah stay di Changi (ya ngapain lah ? hehe.) aku download Changi aplikasi. Nah keuntungan nya banyak bangeet. Salah satu nya wifi, nah aku kan udah nggak punya kartu unlimited (itu di Taiwan), jadi aku bener-bener ngandalin wifi bandara, nah kalau kita punya Changi aplikasi, bisa dapet free wifi 24 jam lho. Sedangkan kalau nggak punya, tiap 3 jam sekali harus scan passport dan boarding pass untuk dapat password wifi baru. Karena aku stay semalaman, jadi ini amat sangat membantu. Setelah itu aku menuju bagian Changi free Singapore tour. Nah ini tour gratis buat penumpang yang punya connecting flight, aku sempat email staff nya sebulan sebelum berangkat (prepare banget ya hehe), tapi mereka bilang gabisa book tour nya, go show aja. Ternyata aku telat setengah jam dari jadwal tour terakhir hari itu, karena baru sampai Changi sekitar jam 7 malam. Kelar dari situ, aku langsung ke money changer untuk nukerin uang Malaysia dan Taiwan ke Singapore dollar. Lumayan kan buat tambahan belanja.
Meskipun udah laper banget, tapi yang paling utama kita tuju adalah Charles & Keith store, daripada nanti toko nya tutup kemalaman. Setelah keliling-keliling dan video call sama mama, aku mutusin beli satu pasang sepatu oleh-oleh mama, dan salsa beli tote bag untuk mama nya. Hadiah untuk mama-mama kelar, baru deh kita makan. Belanja untuk yang lain, ntar aja hehe.
Cukup lama pilih-pilih dinner karena enak-enak, dan akhirnya tau gak kita beli apa ? seporsi nasi uduk dan penyetan! Haha kangen bangeeet. Ditambah jus. Lucu deh, bayar nya bukan di kasir tapi di mesin yang ada pilihan makanan nya, terus dikasih nomer, nanti kalau makanan kita udah selesai, nomornya bakal terpampang di layar atas tiap booth.
Selesai makan, kita lanjut belanja. Karena kita punya connecting flight, kita gak kena pajak, jadi cukup tunjukin boarding pass dan harga nya jadi berkurang. Happy😊 oh ya ini nggak berlaku hanya untuk yang punya connecting flight aja, misal kita belanja di kota, ntar pas mau pulang, di bandara ada pengembalian tax kita, makanya jangan dihilangin struk belanja nya yaa.
Sebenernya aku bingung untuk belanja apa karena di bandara kan terkenal mahal-mahal harga nya. Nah dengan pertimbangan itu, aku gamau beli oleh-oleh yang biasa, misal kaos biasa tulisan “I love Singapore”, yang di kota mungkin Cuma 50ribu, di bandara jadi 250 ribu. Makanya aku beli barang yang branded sekalian, karena harga nya cenderung stabil. Hanya beda nya, diskon nya mungkin nggak sebanyak store nya di kota. Untuk adek-adek, sodara-sodara, temen-temen dll aku beliin aja kaos di Giordano, karena bingung mau beli apa. Untuk Abi yang suka makanan, aku beliin cokelat-cokelat, cookies-cookies. Salsa beliin adek nya mainan-mainan di Toys r us. Terus beli snack-snack, yang aku sukaa bangeet tuh garrett popcorn. Puas-puasin deh itu makan popcorn. Nyam!
Terus ada yang lagi hits yaitu Irvins salted egg yang antri nya MasyaAllah, dan sold out muluu! Udah berkali-kali disamperin, sold out dengan cepat. Makin penasaran aja.
Nggak terasa jam 12 an malam kita selesai belanja, dan toko nya buka 24 jam lho. Seneng deh jadi nya tetep rame. Mulai kelelahan belanja, tadi nya mau jalan ke kota dan udah nyiapin kartu untuk MRT, tapi nggak jadi, kita cari Lounge untuk tidur. Senengnya di Changi tuh Lounge nya banyaak. Terus kita pasang stop kontak untuk nge charge segala macem, dan tidur deh.
Ternyata sebelah kita ada mahasiswa-mahasiwi gitu yang ikut student exchange di Taiwan, mereka dari Universitas Brawijaya Malang, di flight yang sama dengan kita besok pagi. Jadi punya temen deh.
Sekitar subuh kita bangun dan sholat, terus masih belanja lagii hehe, Alhamdulillah kedapetan IRVINS snack nya, beli garrett lagi, sepatu dll. Dan kita siap-siap untuk boarding. Masuk pesawat, duduk, dan ngerasa ada yang aneh. Aku duduk di barisan agak belakang, deket mesin pesawat. Dan kecium bau gosong seperti terbakar, aku pikir ini psikosomatis aja karena parno. Dan ternyata di konfirmasi sama salsa kalau bau gosong. Akhirnya aku lapor pramugari dan dengan cepat di sampaikan ke pilot. Mereka bilang nggak ada apa-apa, dan waktu nya take off. Aku udah pucat bangeeet. Meskipun masih bau tapi yasudahlah, pasrah ke Allah.
Alhamdulillah kurang lebih 2 jam an dan mendarat di Juanda Airport, Hello Surabayaaa. Kangen banget, setelah dijemput mama langsung beli penyetan + nasi padang, mama beli bubble tea, dan aku udah kenyang banget nyobain bubble tea setiap hari di Taichung hehe. See you on another blog post, InsyaAllah!:) any questions ? reach me through Line@ @dii9534n
Tips:
  • ·         Kalau punya connecting flight, lebih baik untuk masukin semua barang ke bagasi kecuali tas yang simple-simpel aja dan jangan lupa mantel kalau kedinginan, mukena karena jarang ada yang sediain mukena, bantal leher untuk bisa tidur dimana aja.
  • ·         Perkirakan ukuran bagasi ya, jangan sampai over kalau nggak mau kena charge
  • ·         Perhatikan isi cabin luggage karena banyak airport yang nggak ngebolehin cabin luggage berisi cairan jadi harus dimasukan ke bagasi.
  • ·         Jangan terima sembarang benda yang dikasih orang di airport, bisa bahaya kalau isi nya hal ‘macem-macem’
  • ·         Bawa terus luggage kita selama di airport. Aku tuh takut kalau luggage ku dimasukin barang aneh-aneh sama orang, jadi meski aku makan di restoran yang sempit, aku tetep bawa trolley luggage ku ke dalam, tinggal pinter-pinter nya kita aja naruh trolley biar nggak mengganggu orang lain.
  • ·         Browsing yang banyak dan manfaatkan semua fasilitas bandara yang ada. Seperti early check in, bioskop di airport, free lounge dll
  • ·         Jangan sungkan untuk negur orang, misalnya penumpang nyalain hp nggak di flight mode padahal mau take off, demi keselamatan Bersama.
  • ·         Untuk flight internasional usahakan untuk dateng se awal mungkin, untuk menghindari apa-apa
perjalanan dari Taichung ke Taoyuan

sampai di Taoyuan Airport

pengumuman di counter check in Scoot

udah siap-siap mau boarding nih

Taoyuan Airport

Alhamdulillah sampai di Singapore!

belanja dulu untuk oleh-oleh mama

email staff changi singapore tour

mainan kesukaan ku, baby alive!

garrett popcorn sepuasnyaaa

irvins snack yang sold out mulu

dinner di singapore lauknya penyetan, kangeen bangeet

hasil belanja semaleman

kreatif sekali ya bawa stop kontak haha

Alhamdulillah sampai di Juanda Airport

makan ayam penyet, udah kangeet bangeet