Jumat, 15 Desember 2017

Medical Training di Taiwan Part 4 (Taichung, Farewell Party, Night Market)




Cerita Lanjutan dari sini yaa PART 1 , PART 2 , PART 3

Well, hari-hari di kampus berjalan seperti biasa. Materi nya full tapi menarik banget, untuk detail nya kurang lebih sama seperti yang udah diceritain di part 3. So aku ceritain hal-hal diluar materi yang terjadi selama disana ya.

Seperti yang sudah aku bilang, kalau aku sama Antik bangun nya lebih pagi daripada roommate yang lain Karena kita butuh waktu mandi dan siap-siap lebih lama, sedangkan mereka punya kebiasaan untuk nggak mandi pagi yang sudah diganti sama mandi malam sebelumnya. Jadi meskipun mepet bangun nya, mereka tetep aja nggak telat. Sedangkan aku sama Antik hampir selalu telat dan dapet bus terakhir. Good banget gak sih haha
Meskipun bangun paling pagi, tapi kita butuh waktu buat mandi, sambil Antik dandan, aku nyetrika jilbab pakai hair dryer (lamaa!), terus bawa-bawa in barang, nge pack kamera, hp, power bank, ipad (alat dokumentasi nya se gambreng ya haha)  dan ngelakuin hal-hal kecil (tapi banyaak) lain nya. Saking telat nya kita mutusin untuk nggak sarapan dan langsung ke lobby. Tapi dengan sweet nya, roommate ngebawain kita beberapa lapis chocolate sandwich yang sudah di bungkus pakai tissue paper untuk kita sarapan selama di bus. Dan dengan perut Indonesia kita yang nggak kebiasa sarapan Cuma gitu doang, akhirnya di nekatin balik ke tempat breakfast hotel untuk makan omelette, nasi, sayur, tempura, salad dan sempetnya ditambah sereal. Harus makan yang bergizi to start a day kan hehe. Karena sarapan nya lumayan ngebut, jadi masih sempet lah ngejar bus yang terakhir. Repot juga kalau sampai ketinggalan, mbak Widiya pernah kayak gitu dan harus sendirian naik taksi ke kampus.



NIGHT MARKET     

Kita paling seneng kalau kelas sudah selesai dan malam nya ada acara, entah itu party atau free night. Aku mau ceritain tentang Free night, Karena Taiwan terkenal dengan Night market, kita pada semangat pergi kesana saat Free Night. Nah aku udah janjian sama beberapa anak, salah satu nya Antik, Nabilla sama Nasya tapi nggak jadi ikut mereka karena pada mau ke Mall dulu. Akhirnya aku janjian sama Mas Reza, Mbak Widiya, Mas Agil, Mas Auzan dan Salsa untuk berangkat bareng. Waktu coffee break, kita udah ke panitia minta rekomendasi market mana yang memungkinkan untuk dikunjungi. Taichung sendiri punya banyaak bangeet night market, tapi yang paling besar dan terkenal itu Feng Chia Night Market, yaitu di kompleks Feng Chia University, kampus temenku Fendra exchange. Tapi dengan jarak 20km kesana, itu bakalan nge buang waktu banget. Apalagi kelas nya baru selesai jam 7 malam, dan kita berencana untuk balik ke hotel dulu. Akhirnya diputuskan untuk ke Yizhong Night Market yang jarak nya lumayan deket Cuma sekitar 10 menit naik bus dan disana juga banyak yang jual souvenirs, nggak hanya makanan. Karena beda-beda kelas, kita nungguin kelas Salsa, Mas Agil dan Mas Auzan yang ternyata sampai jam setengah 8 pun belum selesai. Akhirnya aku bertiga mas Reza dan mbak Widiya mutusin untuk balik ke hotel duluan. Sampai di hotel, Cuma cuci muka, ganti sepatu dan siapin uang secukupnya terus balik lagi ke lobby. Karena kita bertiga nggak tau arah, dan terlalu ngebuang waktu untuk ngehafalin rute bus, jadi kita nebeng sama roommate aku, dan temen-temen kelas nya untuk pergi bareng. Well, nggak usah susah-susah untuk ngelihat bus deh hehe.

Sampai di Night market yang kita tuju pertama adalah restoran, sudah laper banget Karena tadi nggak disediain dinner di kampus, yang memang sengaja hari ini ditiadakan, biar kita explore makanan Taiwan di night market dan nggak kekenyangan duluan hehe. Tapi kalau mau tetep dinner di kampus, bisa juga pesen makanan ke panitia, tapi yang halal food, mereka Cuma bisa pesen ke satu restoran dengan menu Kare, jadi nya aku nggak pesen deh. Sedangkan mas Reza pesen satu set, dan mbak Widiya pesen 1 loyang pizza. Lanjut, setelah sampai di night market, kita jalan untuk cari restoran. Dan ketemu lah satu restoran yang seperti nya enak, restoran jepang yang aku lupa nama nya (Karena nggak ada English name nya sih). Restoran nya nggak seberapa besar, tapi enak untuk ngobrol-ngobrol, dan kita bisa lihat dapur nya langsung. Aku dan Ruby masing-masing pesen dinner set yang isi nya nasi, ayam fillet (klo punya dia yang pork), sup, buah, dan minum. Mas Reza dan mbak Widiya yang lumayan kenyang, beli snacks aja. Pas lagi makan, mas Auzan dan mas Agil nyamperin kita, Karena mereka memang berangkat dari kampus langsung kesini, dan sudah nenteng barang belanjaan banyak haha.
Kelar makan, kita mau explore street food Taiwan. Aku beli cumi yang dimasak pakai tepung dan dikasih bumbu, dan cumi nya buesaaaar bangeeet (dimakan nggak habis habis, akhirnya sampe hotel dimakan berdua Antik pakai sambal Roa Manado). Terus kita nyobain bubble tea yang terkenal disana, banyak foto-foto artis hehe, rasa nya enaak. Terus kelar jajan, kita mau cari souvenirs. Di sekeliling kita banyak yang jual kaos, baju, tas dan lain-lain. Tapi menurutku lumayan mahal sih, 1 kaos aja 200ribuan untuk ukuran sebuah unbranded stuff di night market. Terus kita mampir ke skincare store, harga nya sama aja kayak di Indonesia, nggak jadi beli. Dan mampir ke bookstore, yang punya stationary store 3 lantai di atasnya.
Di stationary store, dia nggak hanya jual barang-barang standar, tapi ada juga snacks, make up, skincare, dan pernak-pernik lucu- lucu. Kita udah sibuk sendiri cari oleh-oleh masing-masing, aku memang sengaja nggak belanja banyak disini ataupun di Taiwan untuk oleh-oleh Karena bakal belanja nya di Singapore. Jadi untuk malam ini, Cuma beli beberapa mainan untuk adek ku Nia, terus beli buku Toy’s Story untuk adek ku yang cowok, dan satu pot Vaseline untuk bibir aku yang lumayan kering. Kelar belanja sudah hampir jam setengah 11 malam, dan kita lari menuju bus stop terdekat. Karena jam akhir bus itu sekitar jam 11 malam, kalau sampai ketinggalan bus, harus naik taksi, yang lumayan bahaya untuk jam segini.
Sampai di hotel, masuk kamar dan cerita-cerita sama roommate, terus langsung tidur.

TIPS
  • ·         Night Market di Taichung ada banyak bangeet, pilih aja sesuai kebutuhan. Mau makan aja atau sama shopping juga Karena tiap night market berbeda beda, terus lihat juga berapa waktu tempuh menuju kesana.
  • ·         Jangan sampai asik belanja terus ketinggalan bus. Jam akhir bus sekitar 11 malam. Meski kelihatan nya masih lama, tapi serius, jam 11 malam tuh masih rame banget dan tanpa sadar ternyata udah midnight. Kalau sampai ketinggalan, bisa naik taksi, untuk tips naik taksi yang aman bisa lihat cerita di part sebelumnya😊
  • ·         Kalau pergi tanpa temen yang warga local, usahakan untuk minta rute bus dari resepsionis hotel. Karena nomer bus nya banyaak bangeet.
  • ·         Kalau mau janjian ketemuan di night market seperti nya agak susah sih karena crowded banget dan kita buta arah.
  • ·         Saling tunggu-tungguan kalau lagi belanja, jangan miskomunikasi karena bisa-bisa hilang di kerumunan.
  • ·         Kalau ragu untuk cari street food yg halal, makan seafood ajaa
  • ·         Harga souvenirs rata-rata mahal untuk unbranded stuff, dan mereka nggak familiar sama sistem tawar-menawar.



FAREWELL PARTY

Sampai juga di hari terakhir ke kampus, dan malam nya bakal ada farewell party. Kita sudah dikasih instruksi untuk bawa pakaian daerah ke party ini, jadi aku siapin satu set kebaya warna biru. Jadi pagi sebelum berangkat ke kampus, panitia minta kita untuk bawa baju sekalian karena kita kan di kampus sampai malam jadi nggak sempat kalau harus balik lagi ke hotel, nanti dari kampus langsung naik bus khusus ke venue acara.
Karena tau bakal ribet untuk ganti-ganti kebaya di toilet kampus, aku ganti plan untuk Cuma pakai kemeja batik aja seperti Antik. Effortless. Tapi karena Nasya, Nabilla, Salsa tetep pakai kebaya, jadi deh aku pakai kebaya. Malem nya setelah kegiatan di kampus selesai, kita anak-anak Indonesia mau balik ke hotel naik taksi buat siap-siap, nggak mau Cuma ganti di toilet hehe. Tapi Alhamdulillah panitia nya berbaik hati, jadi ada bus khusus yang antar jemput kita ke hotel. Yeay. Meskipun Cuma dikasih waktu 15 menit aja untuk siap-siap.
Aku dan Antik langsung lari ke kamar, dan kita berkomitmen kalau telat naik taksi aja, yang penting maksimal haha. Mandi Cuma 5 menit, terus pasang-pasang kebaya + jilbab simple aja (sebelumnya di setrika dulu pakai hairdryer hehe), makeup sedikit-sedikit, siapin gadget buat dokumentasi, siapin oleh-oleh dari Indonesia yang bakal dibagiin. Beres dan langsung turun ke lobby bawah. Alhamdulillah kita termasuk yang siap cepet dan masih bisa foto-foto dulu 😊
Naik ke bus, Antik masih lanjutin dandan, dan dia cepet banget dandan nya meskipun bus nya jalan nggak karuan. Sampai di Venue, seperti wedding hall gitu saat opening ceremony, sudah banyak yang ada disana. Kita cari table kosong dan mulai ambil makanan, disediakan halal food, dan masih banyak stall-stall makanan lain. Tentu aja pilihanku terbatas Cuma di seafood dan dessert.
Selama farewell party, tiap kelas nampilin sesuatu dan seru-seru. Kelas ku sendiri nampilin tari saman, pakai lagu mandarin, diakhiri dengan Malaysian dance ditambah Thailand dance. Seruu.
Selesai performance, ditampilin video selama di kelas dan sukses bikin ketawa bahkan nangis terharu. Setelah itu ada acara tukar kado. Aku udah nyiapin kado dari Indonesia dan aku bagi-bagiin buat temen-temen dan panitia. Dan yang nyenengin, aku juga dapet banyak kado😉

Setelah beberapa jam party akhirnya waktu nya untuk balik ke hotel. So sad karena itu malam terakhir acara kita. Aku, Antik dan roommates nyempetin untuk ngobrol-ngobrol di kamar sebelum tidur. Dan ini malam terakhir Antik dan beberapa anak Indonesia di Taiwan, jadi ngebantuin packing. Sedangkan aku dan salsa lanjut untuk stay disini setelah acara selesai, dan ada beberapa anak lagi yang akan stay hingga minggu depan tapi mereka pindah kota ke Taipei. Jadi bener-bener besok itu pada udah mencar dan tinggal kita berdua yang masih di Taichung. Well, ternyata itu keputusan yang agak salah. Kenapa ? tunggu di next part yaa.

NB: So sorry untuk foto foto yang burem itu aku capture dari snapgram instagram

foto di sign Chung Shan Medical University, siang-siang difotoin Antik

Rombongan ke Night market, ada mbak Widiya dan Ruby. itu keliatan tangan mas Reza kemana mana selalu bawa tongsis haha.

sampai di night market kelaperan dan cap cip cup pilih restoran jepang

TAKOYAKIIIII!!!

Ruby dan mas Reza lagi nunggu makanan. Restoran nya kecil tapi tempat duduknya diatur se efisien mungkin.

Ini dinner set ku, enaaak. kalau nggak salah harga nya sekitar 100 ribuan lebih

ini big squid yang aku bilang, dan sukses bikin ketagihan. too bad gaada dimana mana selain di night market, padahal besok siang nya pengen makan ini lagi.

ini di toko buku lhoo, dan dia jual samyang, berbagai macam samyang adaa. tapi nggak beli karena takut nggak halal.

bahkan ada indomie, yipie, nggak harus bawa banyak dari Indonesia

ada mie gemes jugaaa hehe

Bareng Nasya foto dulu di lobby hotel sebelum berangkat ke venue

sampai di venue acara



di sisi kiri banyak stall-stall makanan yang bisa kita pilih

foto bareng roommate

foto bareng temen sekelas

candid foto gimana riewuh nya kalau lagi bikin snapgram haha

foto bareng temen-temen sekelas yang pakai baju jepang

me di depan backdrop IFMSA

foto dulu di deket pintu masuk

souvenirs yang dikasih helen, cookies nya enaaak khas Taiwan

diputerin slide foto kegiatan, ketauan aku suka nya ngajak ngobrol hehe

lagi heboh ngomongin apa ya waktu itu

foto bareng seluruh peserta SRT Taiwan 2017

pas pulang foto sama dokter-dokter trainers 

sebelum balik ke hotel, mampir 7eleven dulu beli kopi, lucu ya warna nya gold. fav colour!




0 komentar:

Posting Komentar