Sabtu, 11 Agustus 2018

Medical Exchange di Tanta Hospital, Egypt by IFMSA (Part 1 Prolog)


Setelah sekian lama nggak update blog akhirnya balik lagi. Kali ini mau cerita tentang medical exchange ku di Mesir selama 1 bulan. Wait, sebelum cerita tentang kegiatan nya, lebih enak baca prolog nya dulu ya meskipun bakalan Panjang. ohya, kalau ada yang mau baca Medical training ku di Taiwan bisa klik di link ini ya ;)

Oktober 2017
Disuatu pagi pas di jalan mau berangkat kuliah tiba-tiba ngerasa sedih ngelihat billboard di jalan soal Mekah. Belum pernah sama sekali menginjakkan kaki disana dan pengen banget bisa. Alhamdulillah nya pas sampai kampus, baca pengumuman kalau CIMSA lagi buka pendaftaran program medical exchange selama 1 bulan. Setelah melihat daftar negara nya, Mesir adalah satu-satu nya negara yang memungkinkan. Memungkinkan kenapa ? karena kalau aku pilih Mesir, transit pesawat nya bakal di Jeddah Saudi Arabia. Meski enggak sempat ke Mekah, tapi setidaknya bisa sholat dengan jarak lebih dekat ke Ka’bah :”) (Jeddah -Mekah hanya berjarak 2 jam dengan Bus). jadi kalau ditanya kenapa pilih Mesir, ya jawaban nya ini. Selain itu, aku juga pengen banget bisa belajar kedokteran sambil liburan di tempat aku bisa belajar lebih mengenai Islam. Melihat sejarah-sejarah Islam dan mengunjungi tempat-tampat yang disebutkan di dalam Al-qur’an, pasti sangat luar biasa. Dengan semangat itu akhirnya aku siapin semua berkas-berkas yang dibutuhkan, mulai dari motivation letter, CV, nilai-nilai akademis, toefl dan lain sebagai nya. Saking ribet dan mepet nya, aku baru sempat kirim berkas satu jam sebelum penutupan. Begitu berkas selesai dikirim, fiuh lega banget. Tapi seketika itu juga sadar kalau ternyata salah tanggal, deadline nya kemarin malam. Sumpah nyesel parah

Tapi aku inget harus tetap optimis, deadline yang membuat manusia, tapi jika Allah berkehendak maka tidak ada satu pun yang bisa menghalangi. Tetap pasrah dan berusaha, karena apa yang telah ditakdirkan untuk kita tidak akan menjadi milik orang lain 😊.
Sebulan kemudian aku lihat pengumuman di web CIMSA, ada sekitar 20 anak dari fakultas kedokteran seluruh Indonesia yang keterima di Batch ku untuk exchange ke berbagai negara. Alhamdulillah aku dapet pilihan pertama di Mesir. Langsung sujud syukur dan kasih tau orang tua.
Setelah keterima di pilihan negara, aku baru isi kontrak exchange dan dapet akun IFMSA. Nggak sampai disitu, aku masih harus upload banyak berkas. Seperti sertifikat toefl terbaru, vaksin, asuransi, surat rekomendasi Dekan, kaprodi dan masih banyaak lagi. Dikasih waktu sebulan buat nyelesein itu semua.
Pada saat itu aku sudah mulai apply untuk beasiswa exchange ini. Kenapa harus apply beasiswa ? karena kalau pakai uang sendiri, rasa bangga nya kurang dan lumayan lah nggak merepotkan orang tua. Paling hanya keluar biaya untuk keperluan pribadi dan oleh-oleh haha. Alhamdulillah pada bulan Januari 2018 itu uang beasiswa sudah di tangan, jadi sebenernya sudah bisa mulai booking tiket dan urus visa.
Ohya, tadi kan hanya keterima di negara pilihan. Nah masih ada lagi seleksi untuk diterima di Universitas pilihan. Jadi sistem nya kita pilih 3 Universitas dengan masing-masing proyek penelitian, terus kirim motivation letter ke Professor atau dokter yang jadi kepala bagian disitu. Isi nya sih seputar kenapa kita pengen jadi intern disitu, prestasi apa yang pernah kita dapat, penelitian apa yang pernah kita buat, mata kuliah apa aja yang pernah kita ambil, ipk, rekomendasi dekan, apa yang mau kita buat selama penelitian itu, apa yang jadi visi kita kedepan nya, dll. Jadi satu surat itu kita buat sangat personal dan spesifik untuk departemen tertentu. Sebelumnya kita harus lihat sih info-info mengenai proyek tersebut, apakah dia menerima mahasiswa clinical atau pre clinical, menguasai mata kuliah apa aja dll gitu.
Nah dalam pemilihan universitas ini, juju raja aku pengen banget daftar jadi intern di departemen bedah jantung. Ya karena baru selesai blok jantung juga, dan ternyata asik banget. Tapi mama ku (she’s a doctor too) punya pandangan lain, beliau lebih nyaranin aku ambil departemen infectious diseases karena kasus nya banyak di Indonesia dan nanti bisa diterapkan. Setelah diskusi Panjang dan menimbang ini itu, yasudahlah mengikuti pilihan orang tua meski aku bolak balik bilang pengen di jantung. Akhirnya aku apply untuk 3 universitas dengan departemen infectious diseases semuanyaa. Sudah kirim semua persyaratan dan tinggal nunggu pengumuman.
Disuatu pagi sebulan kemudian, Alhamdulillah nya aku keterima. Tau nggak keterima dimana ? Di Tanta University Hospital, jadi intern di departemen bedah jantung. Dan Tanta Medical School ini termasuk yang tinggi passing grade nya di Egypt. Wah ini sama sekali bukan kebetulan, tapi keajaiban dari Allah. Aku sama sekali nggak apply disitu, dan ingin banget masuk departemen bedah jantung, lha kok bisa-bisa nya keterima:”) MasyaAllah. Kalau kita pasrah sama Allah, dan menomorsatukan orangtua, pasti selalu ada jalan😊Alhamdulillah

Mei 2018
Setelah dokumen beres, aku sempat vakum ngurusin tiket dll karena waktu itu juga masuk bulan Ramadhan dan sibuk ujian (alasan sih wkwk).  Padahal berangkatku harusnya akhir bulan Juni. Jadi Cuma cek-cek harga tiket aja.

Awal Juni 2018
Alhamdulillah menemukan teman-teman yang dapet jadwal ke Egypt juga di bulan yang sama, yaitu Mas Wan di Cairo, Kak Levina di Mansoura dan Mas Bimo. Nah kebetulan Mas Bimo ini se departemen sama aku di Tanta University Hospital. Dibikinlah grup di line, dan mereka udah well prepared banget, udah urus visa, tiket, asuransi dll. Aku merasa belum apa-apa hahaha.
Sebenernya rencana awal itu, orangtua ku ikut nemenin, tapi karena satu dan lain hal termasuk adek ku harus daftar sma nggak bisa ditinggal, papa mama ku juga ada praktek yang pasien nya udah pesen jadwal jadi ya mau gimana lagi. Di paksa-paksa in untuk bisa berangkat sendiri. Padahal aku anaknya parnoan hahaha.

Visa
Nah visa ini, aku kira masih banyak waktu karena toh masih berangkat akhir bulan, tapi aku lupa kalau ada liburan lebaran Panjang, kemungkinan besar kedutaan Egypt di Jakarta baru buka ya beberapa hari sebelum aku berangkat dan proses bikin visa sendiri biasanya memakan waktu 3 mingguan kalau pakai travel ya, atau semingguan kalau kita langsung apply kesana. Aku udah telpon semua travel agent se Surabaya dan nggak ada yang nyanggupin dengan waktu se singkat itu, bahkan sudah pakai rekom nya pak Rektor tapi tetep aja terhalang libur lebaran yang Panjang. Sempat ingin ijin professor ku di Tanta untuk dateng telat karena urus visa, tapi kok sungkan. Tapi Alhamdulillah nya, aku dikenalin travel agent di Jakarta yang bisa urus cepet (thankyouu kak lev, mas bim, mas wan). Urus-urus berkas untuk dikirim ke Jakarta, meski agak deg-deg an karena paspor dikirim juga tapi yaudahlah gaada pilihan lain. Sampai di JNE, dia overloaded bangeet karena kan H-4 lebaran, tapi Alhamdulillah lagi dia menyanggupi untuk dikirim YES (yakin esok sampai). Jadi paket ku sudah sampai dengan selamat ke travel agent besok sore nya. Alhamdulillah. Nah meski begitu, ternyata kedutaan Egypt yang di Jakarta sudah tutup. Baru buka lagi nanti H-5 sebelum aku berangkat ;”) makin deg-deg an kan, tapi yaudahlah pasrah.
Alhamdulillah 2 hari sebelum berangkat visa ku sudah jadi dan sudah dikirim ke rumah sepupu ku yang di Jakarta, karena nanti aku ke Egypt dari Jakarta dulu. Meski biaya visa nya naik jadi 4x lipat, tapi its okay lah masih bisa dapet visa. Orang travel nya juga bilang, Alhamdulillah mbak ini bisa cepet karena dapet undangan langsung dari Hospital di Egypt.

Tiket Pesawat
Pesawat nya tentu aja aku pilih yang Saudia Airlines karena dia transit nya di Jeddah😊. Sebenernya rencana awal supaya bisa lebih murah, skema perjalanan nya seperti ini :
Surabaya - Jakarta – Malaysia – Transit di Jeddah – Cairo – Tanta
Tapi karena terlalu panjang, aku berangkat sendiri dan daripada ngalamin take off & landing lebih banyak lagi (aku parnoan naik pesawat), akhirnya diputuskan tanpa Malaysia. Its okay, yang penting lebih nyaman.
Mulai lah mencari tiket pesawat dan ngebandingin harga dari semua website. Harga tiket di web luar lebih murah jauh ya daripada web local. Aku udah mau transfer tapi mastercard ku ke reject, coba web lain tapi takutnya nggak trusted. Karena aku liat review nya di tripadvisor, customer service nya jelek. Nah berhubung visa ku belum jadi (pada saat itu), jadi ada kemungkinan untuk reschedule tiket, so kudu pilih yg good services nya. Atas dasar itu, aku pilih web local Nusatrip, meski harga nya beda sejutaan lebih.

Imunisasi
Untuk imunisasi ini penting bangeet (karena aku emang disuruh bawa kartu imunisasi internasional), dan juga untuk meminimalisir penyakit yang nggak diinginkan, resiko juga aku sebulan bakal ada di rumah sakit. Nah aku baru tau kalau imunisasi sekarang ada di RS pelabuhan, dan cara daftar nya gampang bangeet. Buka aja website nya, terus daftar deh mau tanggal berapa dateng kesana, upload scan paspor, dan 5 menit kemudian aku dapet email konfirmasi. Confirmation letter nya dicetak dan dibawa kesana. Sampai sana tinggal bayar, dan udah deh selesai imunisasi. Aku Cuma imunisasi meningitis tanpa infuenza karena stock nya lagi kosong. Ohya, sebaiknya imunisasi nya 2 minggu sebelum keberangkatan ya karena biasanya ada efek dari imunisasi kyk badan panas dll. Apalagi kalau perjalanan jauh, capek, imun nya turun kan malah bahaya 😊. Tapi aku imunisasi 2 hari sebelum berangkat, jadi kudu banyak konsumsi imun boost.

Koper + barang
Aku memutuskan untuk bawa 2 koper besar masing-masing berukuran 28inch dan satu backpack. Karena aku dapet jatah berapa puluh kilo dari maskapai jadi ya santai-santai aja. Dan ini juga untuk sebulan jadi kudu banyak bawaan, apalagi buku-buku kedokteran yang berat itu (males baca ebook wkwk). Aku termasuk light packing ya, hanya beberapa jam sebelum berangkat. Nggak ada tuh ribet-ribet beberapa minggu sebelum berangkat. Ohya, jangan lupa cek kondisi cuaca di tempat tujuan ya biar nggak salah kostum. Selain itu, nggak usah bawa baju banyak-banyak karena di apartemen ada mesin cuci, jadi aku menyisakan space lumayan untuk oleh-oleh. Mama ku juga udah ngebawain obat-obatan super banyak untuk jaga-jaga selama sebulan, karena aku nggak mau banget untuk konsumsi obat dari sana. Entahlah ya wkwk.

Asuransi
Asuransi ini juga persyaratan yang kudu ada dari IFMSA, jadilah aku pilih asuransi ACA (yang termurah) dan sudah mepet banget, sehari sebelum berangkat. Alhamdulillah orang marketing yang ngebantuin baiik parah, nggak sampai sejam sudah jadi asuransi ku dan hanya ngurus via whatsapp + email. Padahal aku tanya-tanya asuransi lain baru bisa keluar tuh minimal 2-3 harian. Wah Alhamdulillah banget.
Okay persiapan yang serba minim dan mendadak ini sudah dilakukan, apa berjalan sempurna ? liat cerita selanjutnya 😊
Skin test dulu untuk melihat ada alergi atau nggak saat di imunisasi

yeay dapet certificate setelah imunisasi


0 komentar:

Posting Komentar