Minggu, 03 September 2017

Medical Training di Taiwan (+ Tips Travelling) (Part 1)

Sebenernya males banget buat nulis post ini, Karena pasti bakal panjang banget(klo udah terlanjur cerita, nggak bisa berhenti. Ada aja!). tapi kalau nggak ditulis juga sayang, mungkin ada yang bisa kebantu kalau mau jalan-jalan ke negara yang aku kunjungin hehe. Yah minimal biar nggak lupa detail nya, biar jadi kenangan juga di blog. Oke jadi ini bakal aku bagi beberapa part ya. Here we go!

Well, aku masih semester 2 di kedokteran. Masih newbie banget. Tapi aku pengen banget bikin goals baru buat diri sendiri, yaitu ikutan medical exchange. Mulailah cari-cari info ke CIMSA, dan ada nih exchange sebulan yaitu research exchange. Mulai daftar-daftar, tapi kayaknya bukan rezeki Karena ternyata ada peraturan yang berubah dan inti nya aku telat daftar Karena ada salah informasi. Kecewa banget sih banget, akhirnya demi mengobati kecewa, aku cari-cari lah event terdekat di CIMSA. Ternyata ada 2, yaitu Medical Training di Taiwan yang diadakan oleh FMS Taiwan dan IFMSA (International Federation of Medical Students Associations). Mulai lah apply ngumpulin berkas-berkas dan form, itu udah H-beberapa jam penutupan Karena emang dapet info nya barusan:”) aku bener-bener baru submit berkas kayaknya H-beberapa menit deh saking telatnya. Nunggu pengumuman beberapa hari, sampe deg-deg an banget. Di suatu pagi, ada notif email masuk, padahal you know lah notif email kan pelan banget tapi aku langsung bangun Karena terlalu ngarep itu dari Taiwan. Dan ya bener aja, meskipun mata ku belum kebuka sepenuhnya, aku paksain liat dan Alhamdulillah LOLOS 😊 seneng parah. Langsung kabarin orang tua dan yeaaay. singkat cerita, pihak kampus support banget, mulai dari dekan hingga rektor. Lihat jadwal, Alhamdulillah training nya waktu liburan semester jadi nggak perlu izin libur kuliah dan sekalian extend jalan-jalan.

Aku mulai hubungin salsa, ngajakin dia jalan-jalan ke Singapore sebelum aku training, Karena emang nanti aku dari Singapore langsung ke Taiwan. Ternyata dia mau nemenin, lumayan ada yang nemenin naik pesawat sampai Singapore. Karena emang aku anaknya agak parnoan sih naik pesawat, meskipun udah berkali kali tapi tetep aja. Apalagi ini pengalaman keluar negeri sendiri tanpa orang tua, pasti lebih parno ;”) kita mulai susun itinerary selama liburan di Singapore, dan selang sebulanan setelah itu ternyata dibuka second call untuk training di Taiwan, aku suruh salsa ikutan. Inget banget apply nya bener bener mepet, dan semaleman nggak tidur buat ngisi-ngisi form. Aku piker dia lebih pede Karena pernah exchange ke Aussie dan Jepang, tapi tetep aja berhari-hari deg-deg an nunggu pengumuman. Dan Alhamdulillah lolos juga😊 kita pilih jenis training yang beda, aku di TNT, dia di TMET. Sejak saat itu itinerary kita berubah, yang tadi nya ma uke Singapore dulu, sekarang diganti jadi ke Singapore setelah training aja. Setelah kita googling berhari-hari soal tiket pesawat, hotel dan sebagainya. Akhirnya diputuskan kalau kita bakal pesen tiket dari Surabaya ke Jakarta pakai Batik Air, lalu Jakarta ke Malaysia pakai Lion Air, Malaysia ke Taiwan pakai Malindo Air. Lalu untuk pulang nya dari Taiwan ke Singapore pakai Scoot, dari Singapore ke Surabaya pakai Scoot juga. Sempat disuruh orang tua pakai Cathay Pacific, Cuma menurut kita sih out of budget untuk tiket pesawat doang. Sebenernya nggak beda jauh, paling sejutaan, Cuma kan lumayan tuh sejuta buat belanja haha.
Sebelum transfer tiket, kita urus Visa dulu. Urus visa di Asia nggak se ribet urus visa kalau ma uke UK atau USA kok yang mesti pakai wawancara per individu yang detail. Kalau visa Taiwan sih nggak ada wawancara, kecuali ada yang ‘bermasalah’.
Sempat ditawarin untuk urus visa by agen perjalanan Karena aku tau TETO (di Indonesia, nggak ada kedutaan Taiwan CMIIW, jadi mereka menyerahkan urusan visa sama kantor ekonomi Taiwan yang ada di Indonesia) hanya ada di Jakarta but Thanks to Fendra temen sma sekaligus se kampus waktu masih di ITS, dia juga mau exchange ke Taiwan dan visa nya udah jadi, urus sendiri ke kantor TETO di Surabaya, jadi nya aku prefer untuk urus sendiri. Karena klo pake agen lebih mahal, jelas sih. Terus mau cari pengalaman keluar negeri urus semua nya bener-bener sendiri hehe. Orang tua sempet khawatir Karena biasanya pake agen travel, tapi kan kapan lagi😊
Sebelum dateng ke TETO, isi form dulu secara online disini http://www.roc-taiwan.org/id_en/post/137.html
 terus cetak dan siapin berkas yang dibutuhkan, lalu datang ke kantor TETO yang ada di Surabaya atau Jakarta. Waktu itu aku apply yang pertama, disuruh ganti pas foto, Karena harus bener-bener formal, baru yang kedua, berkas ku diterima. Dan lusa nya sudah bisa diambil, bener bener cepet banget. Biaya nya per Juli 2017 kira-kira 500ribuan.
Setelah itu kita booking tiket pesawat, transfer, terus pilih-pilih hotel😉

Surat Keterangan lolos seleksi medical training

visa Taiwan


TIPS AKOMODASI
  • ·         Kalau pilih pesawat, pastikan lihat harga di semua web. Hotel pun juga gitu. Lihat juga jam terbang nya, apakah butuh transit semaleman atau nggak. Lihat juga apa di web itu dapet meal atau nggak, kan lumayan tuh. Pastikan berapa total bagasi yang kita dapat, jangan sampai lihat tiket murah tapi ternyata beli bagasi nya lebih mahal. Dan untuk perjalanan jauh lebih dari 2 jam, saranku sih cari maskapai yang menyediakan entertainment flight biar nggak bosen.
  • ·         Dan kalau misal transit semalaman di bandara, googling apa aja aktivitas yang bisa dilakukan, dan download apps bandara tersebut. Aku download changi apps dan dapet free wifi 24 jam, sedangkan kalau nggak pakai itu, hanya dapet 3 jam aja dan setiap 3 jam harus ambil password baru. Terus di changi Singapore ada free tour, jangan lupa untuk booking dulu kalau taku kehabisan saat go show.
  • ·         Kalau pilih hotel itu selalu liat TripAdvisor, bacain aja satu-satu testimoni nya. Dan jangan sampai salah pilih hotel, seperti aku kemari nasal pilih hotel di Singapore eh ternyata itu di kawasan ‘red district’ atau kawasan ‘mesum’, bahaya banget kan kalau cewek-cewek nginep disana. Alhamdulillah nya sebelum transfer, sempet lihat review an orang. Dan kalau di Taiwan, khususnya Taichung (kota yang aku kunjungin), banyak banget hotel yang ada di gedung. Jadi misal nih, gedung nya punya 10 lantai, hotel nya ada di lantai 9, jadi kita harus ngelewatin lantai 1-8 yang isi nya club, pub, dll. Lumayan bahaya kan kalau malam-malam mau keluar hotel. Jadi bener bener pastikan.
  • ·         Harus diinget, kita prefer pakai transportasi apa disana. Misal di Singapore kita prefer pakai MRT daripada bus atau taksi, cari hotel yang dekat sama stasiun MRT. Karena nggak enak kan kalau kita kecapekan belanja, bawa barang-barang berat, masih harus jalan jauh lagi ke hotel. Terus kalau di Taiwan, kita prefer naik bus, jangan lupa lihat apa hotel nya dekat bus stop atau nggak. Dan kalau naik taksi, pastikan naik taksi resmi. Kalau tips dari aku sih, selalu awasi pakai Waze atau google maps, si supir keluar jalur atau nggak. Kalau keluar jalur, kita minta dia untuk berhenti aja. Tapi selama aku di Taiwan, aman-aman aja Alhamdulillah.
  • ·         Jangan lupa untuk isi ulang kartu untuk naik MRT, maupun bus. Kalau di Kota Taichung, naik bus gratis, hanya keluar uang saat beli kartu nya aja. Waktu itu aku udah diurusin panitia sih, tapi bisa ke seven eleven terdekat untuk beli kartu bus di Taiwan. Untuk beli kartu MRT di Singapore cukup ke MRT station aja. dan jangan lupa untuk selalu cek jadwal bus, kalau aku sih via google udah cukup.
    cek jadwal bus by google




Untuk packing, usahakan selalu liat perkiraan cuaca di negara tujuan biar nggak salah kostum. Aku sendiri di Taiwan tau kalau cuaca nya bakal sering hujan, mau nya bawa payung lipat tapi daripada beratin koper mending beli disana aja. Jadi aku Cuma bawa coat aja, yang lumayan tipis, nggak begitu tebal dan sepatu keds biar nyaman keliling kota sama ransel.

TIPS PACKING DAN LUGGAGE
·         Jangan bawa terlalu banyak baju, Karena disana bisa juga kita laundry atau cuci sendiri dan keringin pakai hair dryer.
·         Nggak usah bawa setrika, ya tergantung siih. Aku nggak bisa kalau pakai jilbab yang kusut, jadi antisipasi nya ya pinjem setrika di hotel atau pakai hair dryer.
·         Sediakan cukup ruang di koper untuk oleh-oleh, terutama yang kalap belanja kayak aku hehe.
·         Usahakan jangan bawa luggage yang jinjing, beneran itu nyiksa banget. Aku kemarin bawa 1 koper yang bisa diputar 360 derajat, jadi amat sangat membantu. Bawa 1 ransel sedang, bawa 1 luggage jinjing dengan berat 12kg. jujur aja itu menyiksa banget. Apalagi kita pakai public transportation dan harus jalan jauh untuk nemuin hotel Karena kita salah turun Bus stop. Lebih baik bawa sedikit bawaan, atau kalau banyak pun mending jadikan di satu koper besar. Karena kalau kita keribetan sama barang bawaan, otomatis kita jadi lebih nggak aware sama lingkungan sekitar. Padahal itu lingkungan baru yang kita harus selalu aware.
Semua barang bawaan waktu pertama kali sampai di Taichung, Taiwan

TIPS DOKUMEN
  • ·         Jangan lupa untuk beli dalaman baju yang ada pocket/kantung nya seperti dalaman baju orang yang mau pergi Haji atau Umrah, itu nge bantu bangeet. Kita bisa taruh paspor, visa, atm, uang disitu tanpa takut hilang. Dan sisakan sedikit uang receh di tas. Gimana kalau mau belanja ? setiap kali belanja, aku selalu ke toilet untuk ambil uang hehe. Lumayan ribet, tapi lebih ribet lagi kan kalau kita kehilangan dokumen penting dan uang.
  • ·         Jangan lupa untuk cetak semua bookingan tiket pesawat dan hotel, fotokopi paspor dll. Kalau hp kita hilang, masih ada itu. Dan jangan lupa nge backup file bookingan, kalau aku sih di email dan icloud. Kalau tiba-tiba ada sesuatu yang nggak diinginkan.
  • ·         Jangan lupa untuk ambil brosur hotel kita, kalau kita tersesat tinggal tunjukan aja brosur nya dan tanya orang. Karena di Taiwan, kadang mereka tau chineese name hotel nya, tapi nggak tau English name nya.


TIPS alat komunikasi

  • ·         Jangan lupa untuk beli kartu sim local, di bandara banyak banget store nya. Jangan lupa browsing sim card apa yang recommended dan sinyal nya bagus. Di Taiwan aku pakai Chung Hwa Telecom, ini sinyal nya bagus banget. Kita bisa pilih paket internet sesuai berapa lama kita stay. Aku pakai yang 10 hari dengan 4G unlimited dan bisa dibuat telpon ke Indonesia berkali kali Karena udah sama pulsa nya, hanya 250rb. Bandingkan kalau pakai kartu indonesia tapi roaming, jauh lebih mahal dan nggak ada paket unlimited.
  • ·         Sebenernya ada free wifi di Taichung, yang bisa diakses di seluruh kota. Tapi aku prefer pakai itu klo stay agak lama
  • ·         Kalau di Malaysia dan Singapore aku pakai roaming dan mengandlkan public wifi aja.



Lanjut ke part lain ya😊 kalau ada yang mau nambahin tips nya boleh banget

PART 2    PART 3   PART 4

0 komentar:

Posting Komentar