Sabtu, 29 September 2012

Si Tukang Taksi

ehm tulisan ini bukan maksud apa apa sih, cuma share pengalaman aja dan murni pengalaman sendiri. maaf ya klo ada yang tersinggung, buat introspeksi aja yang merasa

Aku sering banget naik taksi, entah itu karna pas nggak bawa mobil ke sekolah atau ada kerja kelompok dan pergi les. sudah macem macem taksi yang aku coba, tapi Bl** B**d tetep langganan dan selama itu juga nggak ada masalah.

Nah sejak aku ada les dekat sekolah, naik taksi B jadi jarang. kenapa ? 1. nggak ada yang lewat 2. harus pesan yang berarti berapapun argo di bawah 25.000 harus bayar tarif minimal 25.000 itu tadi. padahal si tempat les deket banget. dibawah 10.000.

so cuma hari pertama les aja pakai taksi B, kemahalan. hari berikutnya terpaksa cari taksi lain yang stop di jalan

Taksi C
di hari kedua aku dan Anka (dia lesditempat yang sama) harus jalan beberapa kilo dengan bawaan super berat, ada tas sekolah isi buku paket, tas jinjing isi perlengkapan olahraga dan map yang tebal. Alhamdulillah ada taksi lewat, apapun logo nya nggak peduli yang penting cepet naik.
setelah duduk, dan nyatain arah tujuan kita eh si pak dengan santai nya bilang "mbak di belakang itu taksi teman saya kasian dia nggak tau jalan mau jemput penumpang, kita antar dulu ya mbak" lo maksudnya apa tuh ? baru tau ih ada taksi kayak gini seenaknya banget. tapi kita cuma senyum aja jawab"iya".
setelah selesai mengantar, aku heran kok argo nya nggak dinyalain ya ?
A : "pak argo nya kok nggak nyala ?"
P : "mbak biasanya berapa lo kesana ?"
A : "10 000 pak"
P : "Yasudah saya kasih tarif minimal aja 15 000. baru pertama naik taksi ini kan ?"
A : (ogah banget, harusnya dibawah 10.000 jadi 15.000) nggak usah deh pak, argo nya dinyalain aja
P : "anggep aja tarif  perkenalan mbak"
A : (maksud lo ? ogah dibohongin lah)
P : "kadang saya bingung mbak, penumpang dibaikin, dikasih murah tapi kok nggak terima kasih"
A : cuih .

dan berakhir dengan kesepakatan 11.000

Bukan masalah uang ya, klo si supir etika nya baik pasti nggak segan segan ngasih tip. lah ini dari tampang sudah nipu

Taksi C kedua
hari ketiga apesnya nih kena taksi C lagi, tapi kita sudah positive thinking. so duduklah kita, eh ndilalah kok nyetir nya nggak enak blas! ngebut terus ngerem mendadak, bikin pusing mual. naudzubillah. aku dan anka keliyengan di belakang. Alhamdulillah sampai. pas mau bayar, kita nggak ada uang kecil. dikasihlah lembaran  20.000. eh si pak bilang gini

P: nih saya nggak ada kembalian, sampeyan tukerin aja sana
A: (ogah. dia yang ngak ada kembalian kok aku yang disuruh nuker ke tukang bakso. ini kan tugas supir taksi. siapa suruh nggak nyediain kembalian. mana ha pelayanan pelanggan ?) "bapak aja yang nukerin, kan bapak yang gak ada kembalian"
P : (tiba tiba aja dia ngehadap belakang dan bilang) "susah ngomong karo kon, nyocot tok"
A: (aku jelas kaget se kaget kaget nya. kurang ajar bener sih ini supir! pengen tak tonjok itu mukaya, tapi dia kan pegang kemudi, klo aku dibawa lari gimana. so, secepet" nya kita buka pintu dan turun. harus)
P: (dia tiba tiba turun dai taksi dan teriak kenceng banget pakai nada marah "KON GAK USAH NAIK TAKSI MANEH!"
disitu kita bener bener shock,dan malu sumpah diliatin banyak orang.
aku emosiiiiiiiii berat, rasanya pengen banget nonjok. tapi rasional deh
di les kita cuma bisa diem, shock kok bisa di kurang ajarin supir taksi.

pulang pulang, aku cerita ke orang tua ku. diluar dugaan, mereka sama sekali nggak terima sama perlakuan si supir tadi. bisa bisanya kasar ke dua cewek sma. akhirnya di telpon ke perusahaan itu dan urusan belum selesai

aku merasa nggak salah, ngomong baik baik. aku sudah bayar dan dia yang gapunya kembalian so dia berkewajiban menukarkan sih. eh malah nyolot terus kasar!
katanya taksi bagus, ada karaoke an nya pula, pelayanan gak maksimal. bikin parno klo mau naik

Taksi O

kemarin naik taksi ini yaampun argo nya bener bener cuepeeeet naudzubillah. padahal tadi berangkat naik taksi B dan jalan nya macet cuma habis 16.000 lah pulang di taksi O ini kena 24.000, itupun  bukan berhenti di tempat berangkat tadi, tapi masih juauh lagi. total berapa coba klo sampai ditempat, 30.000 ? 40.000 ?  gila, nggak logis deh.

makanya deh hati hati klo mau naik kendaraan umum, waspada! :D

0 komentar:

Posting Komentar